Fakta MPASI menu 4 bintang yang perlu Bunda tahu Fakta MPASI menu 4 bintang yang perlu Bunda tahu

Fakta MPASI menu 4 bintang yang perlu Bunda tahu

01 July 2021
facebook icon whatsapp icon

Bunda, saat Si Kecil berusia genap 6 bulan ia membutuhkan makanan pendamping ASI, atau disingkat menjadi MPASI, karena ASI saja sudah tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi anak. Karana itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui seperti apa MPASI yang baik bagi Si Kecil, baik itu jumlahnya maupun komposisi nutrisinya, sehingga tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal. Pada masa awal pemberian MPASI ini, Bunda mungkin juga mendengar mengenai menu 4 bintang dalam menyiapkan MPASI. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan menu 4 bintang ini? Benarkah menu 4 bintang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil? Untuk membantu Bunda dalam menyiapkan MPASI bergizi bagi Si Kecil, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

 

Apa itu menu 4 bintang?

Menu 4 bintang adalah MPASI yang terdiri dari 4 jenis nutrisi: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran.

 

Apa yang direkomendasikan oleh WHO dan IDAI sebagai menu MPASI?

Memang tidak ada pernyataan yang menyebutkan bahwa menu 4 bintang ini merupakan rekomendasi WHO atau IDAI.  Nutrisi yang disebutkan di dalam menu 4 bintang secara garis besar juga terdapat dalam rekomendasi IDAI, WHO atau UNICEF. Tetapi tidak sebatas keempat jenis nutrisi itu saja.

 

IDAI sendiri menyarankan apa yang dikenal dengan istilah menu bergizi seimbang. IDAI menyebutkan bahwa banyaknya energi yang dibutuhkan dari MPASI adalah sebanyak 200 kilo kalori per hari. MPASI yang mulai diberikan saat anak berusia 6 bulan sebaiknya mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein hewani dan nabati juga perlu diberikan, serta vitamin dan mineral. Khususnya zat besi, seng, dan vitamin A yang sudah tidak bisa terpenuhi hanya dari ASI saja.

 

WHO juga menyebutkan bahwa MPASI perlu diberikan di usia 6 bulan untuk memenuhi kebutuhan energi anak dan pada usia ini umumnya Si Kecil sudah berada di tahap perkembangan dimana ia siap diberi MPASI. MPASI perlu mengandung sumber energi yang cukup, protein, dan juga nutrisi mikro yang dibutuhkan anak dalam proses tumbuh kembang. Besarnya porsi, konsistensi, tekstur dan frekuansi bisa ditingkatkan seiring dengan bertambahnya usia anak. 

 

Sementara UNICEF menyebutkan bahwa MPASI terdiri dari berbagai bahan pangan seperti biji-bijian semacam beras, sumber pangan hewani (susu, telur, daging, ikan, unggas), buah-buahan dan juga sayur-sayuran.

 

Seperti apa sebaiknya MPASI untuk anak?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menu 4 bintang terdiri dari 4 jenis nutrisi, yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. Tentunya, seperti yang disebutkan dalam rekomendasi IDAI dan WHO, Si Kecil juga membutuhkan lemak, mineral dan vitamin. Jadi, Bunda perlu memastikan MPASI untuk Si Kecil mengandung gizi seimbang sesuai kebutuhan nutrisi anak usia 6 bulan. Karena sejak awal diberikan MPASI sebaiknya sudah mengandung gizi seimbang, bukan menu tunggal dimana hanya menggunakan satu jenis bahan pangan saja.

 

Bunda juga perlu perhatikan, zat besi merupakan mineral penting yang perlu didapat anak usia 6 bulan dari MPASI. Nah, kombinasi MPASi rumahan dan MPASI fortifikasi juga dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi Si Kecil.

 

CERELAC Bubur Sereal bergizi lengkap dan juga ada berbagai varian rasa. Ada yang gurih seperti CERELAC Bubur Sereal Ayam Bawang dan ada pula rasa buah-buahan seperti CERELAC Bubur Sereal Apel, Jeruk & Pisang. Tinggi zat besi serta diperkaya 11 vitamin dan 6 mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan tumbuh kembang Si Kecil. Bunda juga bisa mencoba mengolah CERELAC Bubur Sereal Apel, Jeruk & Pisang dengan resep CERELAC AJEPI Kayu Manis, lho. Coba, yuk!