6 Tips Mengenalkan MPASI Gurih pada Si Kecil 6 Tips Mengenalkan MPASI Gurih pada Si Kecil

6 Tips Mengenalkan MPASI Gurih pada Si Kecil

02 September 2021
facebook icon whatsapp icon

Tahukah Bunda, ASI memiliki rasa yang agak manis, sehingga di masa-masa awal kehidupannya wajar jika Si Kecil lebih menyukai citarasa manis. Tak heran pula ketika ia genap berusia 6 bulan dan mulai diberi MPASI berupa bubur bayi, Si Kecil mungkin akan membutuhkan waktu untuk bisa menyukai bubur bayi dengan citarasa selain manis.

 

Saat mulai diberi MPASI bubur bayi, Bunda tentu tetap perlu mengenalkan aneka citarasa, termasuk rasa gurih. Pasalnya dengan memperkenalkan makanan dengan berbagai rasa sejak usia dini, Si Kecil akan terbiasa, menjadi kaya rasa, dan kelak tidak pilih-pilih makanan (picky eater). 

 

Supaya Si Kecil terus belajar mengeksplorasi rasa sejak dini, yuk perkenalkan pula Si Kecil dengan MPASI yang bercitarasa gurih. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Bunda coba untuk mengenalkan MPASI bubur bayi yang rasanya gurih.

 

  1. Kenalkan rasa asli dari setiap bahan pangan. Jadi, walaupun Bunda ingin mengenalkan rasa gurih, jangan tambahkan garam saat membuat MPASI bagi Si Kecil.

 

  1. Lakukan secara konsisten tanpa memaksa. Mungkin awalnya Si Kecil akan menolak bubur bayi gurih yang Bunda tawarkan, tetapi Bunda bisa terus mencoba memberikan lagi keesokan harinya. Terkadang Si Kecil bahkan baru mau menyantap makanan tertentu setelah dikenalkan berkali-kali.

 

  1. Tak perlu memaksa Si Kecil untuk mau makan MPASI yang gurih. Bunda juga bisa mencoba mengkombinasikannya dengan bahan-bahan yang rasanya manis. Misalnya ketika membuat MPASI bubur bayi, kombinasikan sayuran yang rasanya manis seperti ubi dan wortel dengan yang lebih gurih seperti brokoli dan bayam. Begitu juga saat Bunda menggunakan sumber pangan gurih seperti daging ayam atau daging sapi.

 

  1. Sajikan MPASI gurih dengan berbagai tekstur. Sesuaikan tekstur MPASI dengan usia bayi. Dimulai dari bubur bayi yang halus, perlahan ditambah kekentalannya, kemudian naik tekstur dari MPASI yang disaring ke MPASI cincang, dan seterusnya. Selain itu, kadang-kadang Si Kecil menolak makanan tertentu bukan karena rasanya, tetapi karena teksturnya. Jadi Bunda bisa mencoba menyajikan kembali dengan tekstur yang berbeda. 

 

  1. Sajikan MPASI gurih dengan warna yang menarik. Bahan makanan beraneka warna bukan hanya akan membuat Si Kecil lebih semangat makan, tetapi juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Bahan makanan dengan warna yang berbeda mengandung nutrisi yang berbeda pula. Maka, jika MPASI Si Kecil menggunakan bahan pangan beraneka warna, maka akan semakin banyak jenis nutrisi yang didapat.

 

  1. Protein hewani dan nabati, yang umumnya memang bercitarasa gurih, sudah bisa diberikan sejak Si Kecil genap berusia 6 bulan. Pastikan daging, ikan, maupun telur diberikan dalam keadaan benar-benar matang. Hindari pemberian makanan dengan kadar lemak yang tinggi, hindari pula tambahan pemanis, dan penyedap rasa.

 

Ingin mencoba memberikan Si Kecil MPASI gurih yang praktis dan bergizi? CERELAC Bubur Sereal yang tinggi zat besi serta diperkaya 11 vitamin dan 6 mineral bisa jadi pilihan untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil dan dukung tumbuh kembangnya. CERELAC Bubur Sereal juga tersedia dalam berbagai varian rasa gurih seperti Bubur Sereal Ayam Bawang, Bubur Sereal Susu Wortel, Bayam & Labu, dan Bubur Sereal Susu Ayam Sayur.