Tips Siapkan MPASI Bergizi Lengkap untuk Si Kecil Tips Siapkan MPASI Bergizi Lengkap untuk Si Kecil

Tips Siapkan MPASI Bergizi Lengkap untuk Si Kecil

02 September 2021
facebook icon whatsapp icon

Supaya tumbuh kembang Si Kecil berjalan optimal sesuai usianya, Bunda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi makro maupun mikro Si Kecil. Saat Si Kecil genap berusia 6 bulan, MPASI dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi makro maupun mikro anak. Karena itu, Bunda perlu memberikan menu MPASI yang bergizi lengkap dan seimbang.

 

Yuk Bunda, siapkan resep MPASI 6 bulan pertama bergizi seimbang untuk penuhi kebutuhan Si Kecil. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Bunda ketahui dalam menyiapkan resep MPASI 6 bulan pertama bagi Si Kecil.

 

Apa itu nutrisi makro?

Nutrisi makro adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Yang termasuk ke dalam nutrisi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak, yang merupakan nutrisi sumber energi. Tubuh juga membutuhkan nutrisi makro untuk mendukung struktur tubuh dan kerja berbagai sistem dalam tubuh. Resep MPASI 6 bulan pertama tentunya perlu  mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang merupakan nutrisi makro.

 

Apa itu nutrisi mikro?

Nutrisi mikro adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, tetapi perannya sangat penting dalam mendukung kesehatan dan kerja tubuh. Yang termasuk dalam nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral. Setiap jenis vitamin dan mineral memiliki peran tersendiri dalam proses tumbuh kembang anak. Karena itu, dalam menyiapkan resep MPASI 6 bulan pertama dan seterusnya, Bunda perlu memastikan Si Kecil mendapatkan vitamin dan mineral yang ia butuhkan.

 

Apa yang perlu diperhatikan saat menyiapkan resep MPASI 6 bulan pertama?

  1. Awali dengan cuci tangan dan pastikan bahan dan alat masak bersih

Resep MPASI 6 bulan pertama dan seterusnya harus disiapkan menggunakan cara, bahan, dan alat yang aman dan higienis. Karenanya, Bunda harus selalu mencuci tangan sebelum mulai menyiapkan MPASI dan juga memastikan bahan dan alat masak maupun alat makan yang digunakan dalam keadaan bersih.

 

  1. Pastikan bahan makanan yang disiapkan bergizi, mengandung nutrisi makro dan mikro

Agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, maka MPASI harus adekuat. Mengandung nutrisi makro dan mikro sesuai kebutuhan anak. Yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral. Gunakan bahan pangan yang bervariasi untuk memastikan kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi.

 

  1. Simpan bahan MPASI dengan aman

Apabila tidak disimpan dengan baik, bakteri bisa tumbuh di bahan pangan seperti daging, ikan, telur, susu, nasi, sayuran, dan sebagainya. Simpanlah setiap bahan pangan yang akan Bunda gunakan untuk mengolah resep MPASI 6 bulan pertama dengan cara yang tepat, misalnya di lemari pendingin untuk bahan-bahan segar. Bila membeli bahan yang dikemas, baca petunjuk penyimpanan di kemasan dan periksa tanggal kadaluwarsa.

 

  1. Masak bahan MPASI hingga matang sempurna

Telur, daging, dan ikan pada MPASI harus dalam keadaan benar-benar matang untuk memastikan makanan bebas dari bakteri. Di usianya saat ini pencernaan Si Kecil belum berkembang sempurna sehingga ia lebih mudah mengalami gangguan pencernaan. 

 

  1. Sesuaikan teksturnya dengan usia anak

Di awal pemberian MPASI, Bunda bisa mulai berikan makanan lumat dengan konsistensi halus atau saring dan kemudian dikentalkan secara bertahap. Setelah bubur saring, Bunda bisa mulai memberikan bubur kasar yang tidak disaring, finger food, makanan lunak dengan lauk yang dicincang. Kemudian terakhir baru diberikan makanan keluarga ketika Si Kecil genap berusia 1 tahun.

 

  1. Kombinasikan dengan MPASI fortifikasi

Yang juga perlu Bunda ketahui, 97% kebutuhan zat besi, yang termasuk dalam nutrisi mikro, di atas usia 6 bulan harus dipenuhi dari MPASI. Untuk memastikan Si Kecil mendapat gizi seimbang dan zat besi yang cukup Bunda bisa menggunakan bahan makanan sumber dan kombinasi dengan MPASI fortifikasi. Contoh bahan sumber zat besi adalah daging merah dan hati ayam atau hati sapi.

 

Untuk kombinasi MPASI fortifikasi, apakah Bunda sudah mencoba CERELAC Bubur Sereal Susu? CERELAC Bubur Sereal Susu merupakan MPASI fortifikasi yang tinggi zat besi. Terbuat dari bahan alam dan dengan resep lebih rendah gula dibandingkan formulasi sebelumnya. CERELAC Bubur Sereal juga mengandung 11 vitamin dan 6 mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan dukung tumbuh kembang Si Kecil. Yuk Bunda, coba sekarang