Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang

02 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Buah-buahan merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin dan serat. Salah satunya adalah pisang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak, membuat pisang bisa menjadi pilihan bergizi untuk membuat bubur bayi sebagai MPASI Si Kecil. Lalu, seberapa besar kandungan gizi dan manfaat dari buah pisang? Yuk, kenali lebih lanjut.

Nutrisi dalam Buah Pisang

Pisang merupakan makanan padat pertama yang cocok diperkenalkan untuk Si Kecil dalam bentuk bubur bayi. Teksturnya yang lembut akan mudah dicerna oleh Si Kecil. Di samping itu, pisang mengandung Potasium, juga beragam Vitamin dan Mineral yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mikro Si Kecil. Mulai dari Vitamin A, B, C, D, K, Folat, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, dan Selenium. Semangkuk bubur bayi pisang juga kaya serat yang membantu kerja sistem pencernaan Si Kecil, Bunda.

Cara Pengolahan Pisang untuk Bubur Bayi

Sebelum memperkenalkannya kepada Si Kecil, Bunda lebih baik mengolahnya terlebih dahulu agar mudah dikonsumsi. Untuk Si Kecil yang telah berusia 6 bulan, pisang dapat membuat MPASI berbentuk bubur bayi. Selanjutnya, di usia 8 bulan, Bunda bisa memberikan pisang sebagai camilan dalam potongan kecil-kecil seiring peningkatan kemampuan Si Kecil untuk mengunyah.

Perlu diingat, makanan baru untuk Si Kecil harus diperkenalkan beberapa kali agar rasa dan teksturnya perlahan dapat diterima.  Cara lain untuk memperkenalkan bubur bayi pisang pada Si Kecil adalah dengan memberikannya Nestlé CERELAC Bubur Sereal Susu Pisang.

Nestlé CERELAC Bubur Sereal Susu Pisang terbuat dari bahan alam yang dikeringkan, juga mengandung 11 Vitamin, 6 Mineral, Omega 3, Omega 6, serta tinggi Zat Besi yang membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Bunda dapat memberikan Nestlé CERELAC Bubur Sereal Susu Pisang dua kali sehari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.


Yuk, share artikel ini agar para Bunda lainnya tahu betapa besarnya manfaat buah pisang  sebagai bubur bayi pada momen MPASI!