Tips Mengolah Protein dalam Menu MPASI Si Kecil Tips Mengolah Protein dalam Menu MPASI Si Kecil

Tips Mengolah Protein dalam Menu MPASI Si Kecil

02 September 2021
facebook icon whatsapp icon

Bunda tentu tahu, saat Si Kecil genap berusia 6 bulan ia perlu diberi MPASI untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya yang kini tak bisa seluruhnya didapat dari ASI saja. Salah satu syarat MPASI yang baik adalah memenuhi kebutuhan energi, protein, dan mikronutrien anak.

 

Ya, selain karbohidrat dan lemak, protein juga perlu diberikan dalam menu MPASI Si Kecil. Protein merupakan salah satu sumber nutrisi yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil di masa MPASI. Yuk, kenal lebih jauh manfaat protein dan tips pemberian makanan sumber protein dalam MPASI untuk Si Kecil!

 

Apa manfaat protein bagi anak?

  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan otot Si Kecil
  • Mendukung pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh
  • Protein dalam bentuk enzim dan hormon membantu mendukung metabolisme
  • Membantu memperkuat sistem imun Si Kecil
  • Membantu produksi hemoglobin
  • Sebagai sumber energi jika tubuh kekurangan karbohidrat

Berapa banyak protein yang dibutuhkan anak?

Menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kementrian Kesehatan RI, secara umum kebutuhan protein harian anak usia  6-11 bulan adalah 15g.

 

‌Tips pemberian protein untuk MPASI Si Kecil

  1. Protein nabati maupun hewani sudah bisa diberikan sejak anak berusia 6 bulan. Sumber protein yang dapat digunakan dalam menu MPASI diantaranya adalah daging, ikan, telur, ayam, tahu, tempe. 

 

  1. Saat menyiapkan menu MPASI, sumber protein seperti telur, daging, dan ikan perlu diberikan dalam keadaan benar-benar matang. Sebagai contoh, telur mentah dapat mengandung bakteri salmonella dan di usia Si Kecil saat ini ia 4 kali lipat berisiko mengalami keracunan dari salmonella. Untuk mencegahnya, maka telur perlu dimasak sampai matang sebelum dimakan Si Kecil.

 

  1. Tekstur menu MPASI perlu sesuai dengan tahap perkembangan anak. Begitu pula saat mengolah bahan pangan sumber protein dalam MPASI. Untuk menyajikan protein hewani bisa dengan cara dimasak hingga matang kemudian disaring, dicincang, atau dipotong sesuai dengan tekstur menu MPASI Si Kecil saat ini.

 

  1. Utamakan protein dari sumber hewani. Protein hewani sering disebut sebagai protein yang lengkap karena mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan Si Kecil. Protein hewani juga lebih mudah dicerna oleh tubuh anak.

 

  1. Sumber protein yang berpotensi menimbulkan alergi diperkenalkan satu persatu, sehingga apabila Si Kecil menunjukkan reaksi alergi, Bunda bisa tahu sumber pangan mana yang memicunya. Diskusikan dengan Dokter Anak jika Si Kecil memiliki alergi, ya.

 

  1. Gunakan sumber protein yang bervariasi dalam MPASI supaya Si Kecil tidak bosan dengan menu MPASI yang disajikan Bunda. Kombinasikan pula dengan bahan pangan lain seperti sayuran agar kandungan gizinya seimbang. Seperti yang disebutkan di atas, MPASI selain dapat memenuhi kebutuhan protein anak juga perlu memenuhi kebutuhan energi dan mikronutrien. Misalnya Bunda bisa menyajikan menu MPASI kombinasi daging dan brokoli atau ayam dan wortel.

CERELAC Homestyle Bubur Tim merupakan bubur MPASI dengan karbohidrat, lemak, protein, dan mikronutrien, terbuat dari bahan alam dan cocok bagi Si Kecil yang sedang belajar mengunyah. Juga terdapat varian Homestyle Bubur Tim Ayam Wortel yang teksturnya pas, tinggi zat besi, serta diperkaya 10 vitamin dan 5 mineral. Coba, yuk Bunda!