Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak di Masa MPASI Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak di Masa MPASI

Tips Jaga Berat Badan Ideal Si Kecil di Masa MPASI

15 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Bunda, di masa pertumbuhannya saat ini, Si Kecil perlu memiliki memiliki berat badan ideal anak yang sesuai dengan grafik pertumbuhannya. Bila Bunda memerhatikan kurva pertumbuhan berdasarkan berat badan anak menurut usia yang ada di dalamnya, kurva Si Kecil sebaiknya berada di garis berwarna hijau. Mengapa demikian? Yuk, simak selengkapnya!

Pentingnya Menjaga Berat Badan Si Kecil Tetap Ideal

Berdasarkan kurva pertumbuhan yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, rata-rata berat badan ideal bayi perempuan yang baru lahir adalah 2,4kg - 4,2kg. Sementara, bayi laki-laki yang baru lahir idealnya memiliki berat badan 2,5kg - 4,3kg.

Di sisi lain, berdasarkan data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan RI, sekitar 8 persen dari anak Indonesia kelebihan berat badan. Padahal, kondisi kegemukan dapat menunda masa Si Kecil merangkak dan berjalan. Selain itu, Si Kecil yang kegemukan rentan mengalami sesak napas dan susah tidur. Oleh sebab itu, berat badan ideal anak harus dijaga sesuai grafik pertumbuhannya.

Hal yang Perlu Bunda Lakukan

Bila berat badan anak sudah sesuai grafik pertumbuhan, namun pahanya tetap gemuk atau pipinya masih tembam, Bunda tak perlu khawatir. Faktanya, lemak bayi akan berkurang seiring berjalannya waktu, terutama ketika ia memulai MPASI. Oleh sebab itu, agar Si Kecil terhindar dari berat badan berlebih yang mengganggu proses tumbuh kembangnya, Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Dukung Si Kecil Aktif Bergerak

Ajak Si Kecil untuk bergerak aktif untuk mendukung kesehatan serta kemampuan motorik kasar dan halusnya. Bergerak dapat membantu membakar lemak di tubuh. Bunda dapat mengajak Si Kecil bermain kejar-kejaran atau menari sambil menyanyi.

 

  • Hindari Memberikan Si Kecil Gadget

Sebisa mungkin, hindari membiarkan Si Kecil asyik dengan gadget-nya. American Academy of Pediatrics bahkan melarang penggunaan gadget pada anak berusia di bawah 2 tahun. Hal ini dikarenakan kebiasaan tersebut justru membuat berat badan Si Kecil semakin bertambah akibat kurang bergerak.

  • Sediakan Camilan Bergizi

Pastikan camilan Si Kecil sehat dan bergizi. Sebagai pilihan praktis, Bunda dapat menyiapkan Nestlé CERELAC Nutripuffs sebagai bekal bermainnya. Dengan varian rasa Banana & Strawberry, Banana & Orange, Tomato & Onion, dan Spinach & Onion, Si Kecil pasti suka. Selain rasanya enak, CERELAC Nutripuffs juga mudah meleleh di mulut mungilnya. Ukurannya yang pas di genggaman juga memudahkannya untuk memakan camilan bergizi ini tanpa bantuan Bunda. 

  • Seimbangkan Asupan Nutrisinya

Selain memberikan camilan bergizi, Bunda juga perlu memberikan asupan gizi seimbang sesuai rekomendasi Kemenkes RI agar berat badan anak ideal. Asupan tersebut terdiri dari makanan pokok, sayur, buah, dan lauk-pauk. Sesuaikan teksturnya dengan kemampuan Si Kecil mengunyah ya, Bunda.

Semoga Bunda jadi tidak khawatir lagi untuk menjaga berat badan ideal anak sesuai grafik pertumbuhannya, ya!