Buah dan Sayur untuk MPASI Pertama Si Kecil Buah dan Sayur untuk MPASI Pertama Si Kecil

Rekomendasi Buah dan Sayur untuk MPASI Pertama Si Kecil

02 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Selamat Bunda, Si Kecil sudah genap berusia 6 bulan. Artinya, Bunda sudah bisa mulai memperkenalkan buah dan sayur untuk MPASI pertama Si Kecil. Oleh sebab itu, Bunda perlu menyiapkan makanan yang bertekstur lembut dan memiliki kandungan nutrisi sesuai kebutuhan Si Kecil untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Mari ketahui lebih lanjut rekomendasi buah dan sayur yang bisa Bunda jadikan pilihan untuk MPASI pertama Si Kecil.

1. Wortel

Wortel merupakan sayur untuk anak dengan rasa manis alami yang disukai Si Kecil. Oleh sebab itu, sayur satu ini bisa menjadi jenis sayuran yang diperkenalkan pada momen MPASI pertama Si Kecil. Selain rasanya yang manis alami, wortel juga kaya akan betakaroten dan dikenal sebagai sumber Vitamin A. 

2. Labu Kuning

Labu Kuning merupakan sumber Vitamin A, Vitamin C, Zat Besi, antioksidan, dan Kalium yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Jenis labu kuning yang umum dijadikan menu MPASI pertama adalah labu parang dan labu kabocha. Keduanya punya rasa yang manis sehingga mudah disukai Si Kecil. Setelah dikukus, labu kuning punya tekstur yang amat lembut sehingga mudah dikunyah Si Kecil di momen MPASI pertamanya.

3. Bayam

Bayam merupakan sayuran untuk MPASI pertama yang terkenal dengan kandungan Zat Besi yang tinggi. Selain itu, sayur bayam juga mengandung Vitamin A, B, C, E, dan K; Kalsium, dan Folat untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil yang optimal, Bunda. Tak heran bila bayam menjadi salah satu sayur yang direkomendasikan untuk menu MPASI pertama Si Kecil. Nah, supaya Si Kecil mudah mengunyahnya dan tidak tersedak, sebaiknya Bunda menyiapkan MPASI dari daun bayamnya saja, ya.

4. Apel

Tahukah, Bunda? Apel merupakan salah satu buah yang tinggi serat sehingga bisa membantu mengatasi sembelit. Nah, mengingat sembelit seringkali menjadi salah satu gangguan kesehatan yang terjada saat Si Kecil memulai MPASI pertama, Bunda bisa menyelipkan buah apel ke dalam menu hariannya. Untuk cara penyajiannya, Bunda bisa mengolah apel menjadi puree. 

5. Jeruk

Mencicipi rasa jeruk yang asam-manis dan segar bisa menjadi pengalaman baru bagi Si Kecil saat mencoba MPASI pertama. Selain punya rasa yang enak, jeruk juga kaya akan Vitamin C yang membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh Si Kecil. Dengan begitu,  tubuh Si Kecil bisa melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya secara lebih optimal. 

6. Prem (Plum)

Selain jeruk, prem atau plum juga buah lain yang kaya Vitamin C untuk bantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil. Oleh sebab itu, Bunda juga bisa memasukkannya ke dalam daftar buah untuk MPASI pertama Si Kecil. Tak hanya itu, plum juga mengandung potassium, dan kaya Serat yang dapat membantu meredakan sembelit pada Si Kecil. 

7. Pisang

Sebagai menu MPASI pertama, pisang dapat membantu memenuhi kebutuhan Potasium bagi Si Kecil. Potasium merupakan salah satu jenis elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain kaya akan Potasium, pisang juga mengandung Karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi bagi Si Kecil, serta Serat untuk mendukung saluran pencernaan yang sehat.

Itulah beberapa rekomendasi buah dan sayur yang bisa Bunda masukkan ke menu MPASI pertama Si Kecil. Saat menyiapkan asupan bernutrisi untuk Si Kecil, Bunda juga dapat memilih Nestlé CERELAC Bubur Sereal Susu berbahan dasar sayur atau buah, antara lain Nestlé CERELAC Bubur Susu Wortel, Bayam & Labu atau Nestlé CERELAC Bubur Sereal Susu Pisang.

Nestlé CERELAC Bubur Sereal Susu terbuat dari bahan alam yang dikeringkan, dilengkapi Omega 3 dan 6, 11 Vitamin dan 6 Mineral, serta mengandung susu yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.