4 Manfaat Wijen dalam Menu MPASI untuk Si Kecil 4 Manfaat Wijen dalam Menu MPASI untuk Si Kecil

4 Manfaat Wijen untuk Si Kecil

22 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Wijen tentunya sudah tidak asing lagi bagi Bunda, ya. Tanaman pangan yang dipanen bagian bijinya ini biasanya digunakan sebagai garnish (hiasan) dalam beragam menu sajian, misalnya pada kue dan roti. Tapi tahukah Ibu, biji wijen juga kaya akan kandungan nutrisi yang dapat bantu mencukupi gizi harian dalam menu MPASI Si Kecil? Menurut informasi dalam situs yayasan makanan sehat whfoods.org, wijen ternyata mengandung banyak mineral yang dibutuhkan bagi tubuh Si Kecil, di antaranya:

  • Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi Si Kecil. Menurut rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementrian Kesehatan RI, anak usia 7-11 bulan memerlukan Kalsium sebanyak 250mg sehari, sementara mulai usia 1-3 tahun, kebutuhannya meningkat berkali lipat menjadi 650mg per hari. Lalu, berapa banyak Kalsium yang terdapat dalam wijen? Ternyata, dalam 10-12gr (sekitar 1sdm) biji wijen mengandung 120mg Kalsium, Bunda. Makanya, biji wijen bisa menjadi tambahan dalam menu MPASI Si Kecil.

  • Magnesium

Magnesium ternyata turut berperan penting untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil, Bunda. Selain itu, mineral satu ini juga dibutuhkan Si Kecil untuk menjaga kinerja otot dan mendukung proses produksi energi. Perlu Bunda ketahui bahwa pada usia 7-11 bulan, Si Kecil membutuhkan asupan Magnesium sebanyak 50mg, sementara pada usia 1-3 tahun meningkat menjadi 60mg. Nah, dalam 1sdm (sekitar 10-12gr) biji wijen, terdapat 42mg Magnesium lho, Bunda.

  • Zat Besi

Zat Besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh Si Kecil untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, Zat Besi juga berperan dalam menyebarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dalam sehari, Si Kecil yang berusia 6-11 bulan membutuhkan 7mg Zat Besi, sementara mulai usia 1-3 tahun kebutuhannya menjadi 8mg. Lalu, berapa banyak Zat Besi yang terkandung dalam 1sdm biji wijen? Ternyata ada 1,74mg, Bunda.

 

  • Zink

Selain Zat Besi, biji wijen juga mengandung Zink. Dalam 1sdm biji wijen terdapat 0,93mg Zink. Nah, dalam sehari, Si Kecil berusia 6-11 bulan membutuhkan 3mg Zink dalam menu MPASI pertamanya. Saat berusia 1-3 tahun, kebutuhannya akan Zink bertambah menjadi 4mg. 

 

Cara Penyajian

Sebelum menyajikan biji wijen sebagai bagian dari menu MPASI Si Kecil, Bunda bisa menyangrainya terlebih dahulu agar teksturnya renyah dan aromanya semakin kuat. Lalu, haluskan dengan blender dan taburkan ke menu MPASI Si Kecil. Bunda juga bisa menggunakan minyak wijen untuk membuat menu MPASI yang ditumis. Misalnya, tumis bayam. Nah, supaya kebutuhan nutrisi lainnya juga terpenuhi dalam menu MPASI Si Kecil, Bunda bisa mengombinasikannya dengan CERELAC Homestyle.

CERELAC Homestyle merupakan bubur MPASI bergizi lengkap dan cocok bagi Si Kecil yang sedang belajar mengunyah. Ada dua varian rasa yang bisa Bunda berikan untuk menu MPASI Si Kecil, yaitu CERELAC Homestyle Bubur Tim Sayur dan CERELAC Homestyle Bubur Tim Ayam Wortel. Keduanya punya tekstur yang pas, tinggi Zat Besi, serta diperkaya 10 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu penuhi kebutuhan nutrisi dan mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Jadi, jangan ragu mengombinasikan CERELAC Homestyle dan wijen ke dalam menu MPASI untuk bantu cukupi gizi harian Si Kecil ya, Bu!