Pastikan 12 Hal Ini Agar MPASI Si Kecil Bersih, Aman dan Bernutrisi Pastikan 12 Hal Ini Agar MPASI Si Kecil Bersih, Aman dan Bernutrisi

Pastikan 12 Hal Ini Agar MPASI Si Kecil Bersih, Aman dan Bernutrisi

02 September 2021
facebook icon whatsapp icon

Wah Si Kecil sudah genap berusia 6 bulan! Saatnya Bunda mulai memberikan MPASI untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain memillih bahan-bahan kaya nutrisi untuk pastikan menu makanan bayi 6 bulan mengandung gizi seimbang, Bunda juga perlu memastikan MPASI untuk Si Kecil bersih dan aman.

 

Nah, agar menu makanan bayi 6 bulan bersih, aman, dan terjaga kandungan nutrisinya, tentunya ada hal-hal yang perlu Bunda perhatikan. Berikut ini adalah hal-hal yang Bunda perlu perhatikan saat menyiapkan menu makanan bayi 6 bulan dan seterusnya. Simak, yuk!

 

  1. Cuci tangan Bunda sebelum mulai menyiapkan MPASI bagi Si Kecil dan juga saat memberi MPASI pada anak. Cuci tangan secara menyeluruh dengan menggunakan air dan sabun.

 

  1. Untuk membuat menu makanan bayi 6 bulan tentu kebersihan adalah hal yang penting. Sebelum mulai, Bunda perlu memastikan bahwa tempat memasak, peralatan masak, dan peralatan makan yang digunakan untuk membuat dan menyajikan MPASI dalam keadaan bersih.

 

  1. Pisahkan talenan yang Bunda gunakan untuk memotong bahan mentah dan bahan makanan yang matang.

 

  1. Simpan makanan yang akan diberikan kepada Si Kecil di tempat yang bersih dan terbuat dari bahan yang aman.

 

  1. Simpan bahan-bahan segar untuk membuat menu makanan bayi 6 bulan dengan cara yang benar agar tidak terkontaminasi. Misalnya, daging perlu disimpan di lemari pendingin.

 

  1. Simpan bahan-bahan mentah di wadah tertutup dan letakkan terpisah dengan makanan yang sudah Bunda masak atau bahan-bahan siap makan.

 

  1. Untuk bahan-bahan dalam kemasan, simpan sesuai petunjuk dan perhatikan tanggal kadaluwarsanya. 

 

  1. Gunakan bahan pangan yang bervariasi untuk membantu memastikan kebutuhan nutrisi harian Si Kecil terpenuhi.

 

  1. Protein hewani dan nabati sudah bisa diberikan sejak anak berusia 6 bulan, tetapi pastikan telur, daging, dan ikan diberikan dalam keadaan benar-benar matang.

 

  1. Olah bahan pangan dengan cara yang tepat agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Misalnya, mengkukus bisa membantu meminimalisir nutrisi hilang saat proses masak.

 

  1. Jika ingin menyimpan MPASI untuk dihangatkan kemudian, simpan dalam kemasan yang rapat di dalam lemari pendingin (freezer) dan hangatkan ketika hendak dimakan. MPASI bisa disimpan di freezer sampai dengan 30 hari. Jika ingin disajikan pada hari yang sama, bisa disimpan di bagian bawah lemari pendingin (bukan freezer).

 

  1. Buang sisa MPASI yang tidak habis dan jangan disimpan kembali karena dapat dengan mudah terkontaminasi bakteri.

 

Memastikan hal-hal di atas ketika menyiapkan MPASI akan membantu Bunda dalam memastikan kebersihan, keamanan, dan juga menjaga kandungan nutrisi MPASI sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil.

 

Cara lain yang dapat Bunda coba terapkan untuk memastikan MPASI Si Kecil memenuhi kebutuhan nutrisinya, khususnya memenuhi kebutuhan zat besi, adalah dengan mengkombinasikan menu MPASI buatan Bunda yang menggunakan bahan makanan sumber dengan MPASI fortifikasi.

 

CERELAC Bubur Sereal adalah bubur MPASI fortifikasi yang bukan hanya bergizi tetapi juga praktis untuk disiapkan. Kaya akan zat besi serta diperkaya dengan 11 vitamin dan 6 mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan tumbuh kembang Si Kecil. Yuk Bunda, coba sekarang.