5 Trik Sukses Pemberian MPASI Pertama pada Si Kecil 5 Trik Sukses Pemberian MPASI Pertama pada Si Kecil

5 Trik Sukses Pemberian MPASI Pertama pada Si Kecil

01 July 2021
facebook icon whatsapp icon

Bunda tentu tahu, saat Si Kecil berusia genap 6 bulan adalah waktunya memberikan MPASI pertama pada Si Kecil untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Karena itu, Bunda perlu memastikan MPASI pertama Si Kecil mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembangnya.

 

Tapi, setelah Bunda menyiapkan MPASI, eh Si Kecil malah menolak memakannya. Memang terkadang yang menjadi sumber kepusingan Bunda saat menghadapi MPASI pertama Si Kecil bukan hanya soal menyiapkan MPASI saja, tetapi juga bagaimana agar Si Kecil mau menyantap MPASI yang Bunda sajikan. Memberikan MPASI pertama memang perlu dilakukan dengan baik agar Si Kecil terus tertarik memakannya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Bunda coba terapkan agar pemberian MPASI dapat berjalan lancar. Simak, yuk!

 

  1. Terus perkenalkan makanan baru

Si Kecil menolak MPASI pertama atau jenis makanan baru adalah hal yang wajar, kok. Kuncinya Bunda harus pantang menyerah. Saat memperkenalkan makanan baru, bisa saja Bunda harus menawarkannya pada anak sampai 15 kali sebelum ia mau memakannya. Karena itu sebaiknya Bunda jangan buru-buru mengambil kesimpulan Si Kecil tak menyukai makanan tertentu karena ia menolaknya hari ini, ya. Kemungkinan esok ia malah mau menyantapnya dengan lahap.

 

  1. Variasikan rasa dan warna MPASI

Ada banyak manfaat dari mengenalkan Si Kecil dengan MPASI yang bervariasi, dalam segi rasa dan warna. Variasi rasa akan membuat Si Kecil menjadi kaya rasa, terbiasa dengan berbagai rasa makanan sehingga nantinya tidak menjadi picky eater. Sumber pangan yang bervariasi warna dan rasanya juga membantu memastikan menu makan anak mengandung nutrisi seimbang karena jenis pangan yang berbeda bisa mengandung nutrisi yang berbeda pula. 

 

  1. Matikan gadget dan televisi saat waktu makan

Mengurangi distraksi saat waktu makan dapat membantu proses makan anak menjadi lebih lancar dan tentunya membentuk kebiasaan makan yang baik sejak dini. Bunda sebaiknya mematikan gadget dan televisi saat waktu makan Si Kecil sehingga anak dapat fokus pada kegiatan makan saja.

 

  1. Hindari pemberian minuman jus buah

Sebagai gantinya, Bunda bisa menyajikan buah lumat sebagai bagian dari menu MPASI atau berikan buah potong ketika anak sudah bisa memakannya. Jangan lupa memilih jenis buah yang sesuai untuk dikenalkan di awal MPASI, ya.

 

  1. Hindari memaksa anak untuk menghabiskan makanannya

Seperti disebutkan di atas, saat mengenalkan MPASI atau makanan baru pada Si Kecil sebaiknya Bunda jangan cepat menyerah. Tetapi bukan berarti Bunda perlu memaksa Si Kecil, ya. Memang sih, kadang-kadang rasanya frustasi apabila Si Kecil menolak makanan yang sudag Bunda siapkan. Tetapi memaksanya malah dapat membuat Si Kecil tidak menyukai makanan tertentu, susah menghabiskan makanan, atau bahkan menolak untuk makan.

 

Nah, saat menyiapkan MPASI pertama Si Kecil, untuk bantu lengkapi kebutuhan gizi Si Kecil, Bunda bisa mencoba CERELAC Bubur Sereal yang bergizi sekaligus praktis. Terdapat berbagai varian rasa yang lezat  seperti Bubur Sereal Ayam Bawang, Bubur Sereal Apel, Jeruk & Pisang, Bubur Sereal Kacang Hijau, dan Bubur Sereal Beras Merah yang tinggi zat besi serta diperkaya 11 vitamin dan 6 mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan tumbuh kembang Si Kecil.