Memasuki masa MPASI sering mendatangkan tantangan tersediri bagi Bunda. Salah satunya adalah gerakan tutup mulut bayi, alias Si Kecil menolak untuk makan. Wajar jika Bunda panik atau cemas ketika menghadapi gerakan tutup mulut bayi, karena Bunda tentu ingin Si Kecil mendapat asupan gizi yang cukup. Nah, agar bisa menemukan solusi yang tepat, Bunda perlu terlebih dahulu mengetahui  alasan Si Kecil melakukan gerakan tutup mulut bayi. Karena penyebab yang berbeda akan memerlukan solusi yang berbeda pula.   Ber Memasuki masa MPASI sering mendatangkan tantangan tersediri bagi Bunda. Salah satunya adalah gerakan tutup mulut bayi, alias Si Kecil menolak untuk makan. Wajar jika Bunda panik atau cemas ketika menghadapi gerakan tutup mulut bayi, karena Bunda tentu ingin Si Kecil mendapat asupan gizi yang cukup. Nah, agar bisa menemukan solusi yang tepat, Bunda perlu terlebih dahulu mengetahui  alasan Si Kecil melakukan gerakan tutup mulut bayi. Karena penyebab yang berbeda akan memerlukan solusi yang berbeda pula.   Ber

Kenali Penyebab Si Kecil Tak Mau Makan

02 September 2021
facebook icon whatsapp icon

Memasuki masa MPASI sering mendatangkan tantangan tersediri bagi Bunda. Salah satunya adalah gerakan tutup mulut bayi, alias Si Kecil menolak untuk makan. Wajar jika Bunda panik atau cemas ketika menghadapi gerakan tutup mulut bayi, karena Bunda tentu ingin Si Kecil mendapat asupan gizi yang cukup. Nah, agar bisa menemukan solusi yang tepat, Bunda perlu terlebih dahulu mengetahui  alasan Si Kecil melakukan gerakan tutup mulut bayi. Karena penyebab yang berbeda akan memerlukan solusi yang berbeda pula.

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan gerakan tutup mulut bayi. Simak penjelasan singkatnya, yuk!

 

  1. Mungkin Si Kecil belum lapar

Bisa saja SI Kecil menolak makan karena memang ia belum lapar. Bisa karena terlalu banyak mengemil atau minum. Bisa juga karena jarak waktu makan yang terlalu pendek. Untuk menyiasatinya, Bunda sebaiknya mengatur jadwal makan utama dan makan camilan yang tidak terlalu berdekatan, serta biasakan Si Kecil tidak mengemil berlebihan. Bunda juga perlu mengenali tanda lapar dan kenyang Si Kecil.

 

  1. Bosan dengan rasa makanan

Ya, Si Kecil juga bisa bosan dengan menu makanan, lho. Karena itu, Bunda perlu menyajikan menu MPASI dengan bahan dan rasa yang bervariasi. Selain agar kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi, variasi makanan juga akan membuat Si Kecil kaya rasa dan tidak cepat bosan.

 

  1. Bosan dengan aktivitas makan

Nah, Si Kecil pun bisa bosan dengan aktivitas makan. Biasanya karena waktu makan yang terlalu lama. Untuk menghindari gerakan tutup mulut bayi karena bosan seperti ini, Bunda dapat menentukan jadwal makan dan membatasi waktu makan agar tidak terlalu lama.

 

  1. Suasana makan yang tidak menyenangkan

Bisa jadi Si Kecil mengasosiasikan waktu makan sebagai hal yang tidak menyenangkan karena dimarahi atau dipaksa makan. Karena itu, pemberian MPASI perlu dilakukan tanpa paksaan. Jika anak menolak, tunggu beberapa saat dan tawarkan kembali tanpa memaksa. 

 

  1. Tidak enak badan

Bisa juga gerakan tutup mulut bayi terjadi karena Si Kecil memang sedang tidak enak badan. Misalnya perutnya tidak enak atau sedang tumbuh gigi. Tentu wajar jika Si Kecil menjadi malas makan.

 

  1. Ada yang mengalihkan perhatiannya

Misalnya jika anak makan sambil menonton televisi atau bermain. Akibatnya ia tak ada perhatian pada aktivitas makan atau apakah ia sebenarnya lapar atau tidak. Tentu saja Bunda dapat mengatasinya dengan mengurangi distraksi saat waktu makan.

 

Tentunya, jika Si Kecil terus menerus menolak makan, Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Termasuk jika berat badan anak kurang dari yang seharusnya, terlihat lemas, dan semacamnya.

 

Supaya Si Kecil tidak bosan dengan menu MPASI yang itu-itu saja, Bunda bisa mencoba berbagai varian rasa dari CERELAC Bubur Sereal. Ada Bubur Sereal Kacang Hijau, Bubur Sereal Ayam Bawang, Bubur Sereal Apel Jeruk & Pisang, dan Bubur Sereal Beras Merah. CERELAC Bubur Sereal mendukung Bunda memenuhi nutrisi Si Kecil, tinggi zat besi, serta diperkaya dengan 11 Vitamin dan 6 Mineral. Yuk Bunda, coba sekarang!