Ini Buah yang Bisa Dikenalkan di MPASI Pertama Si Kecil Ini Buah yang Bisa Dikenalkan di MPASI Pertama Si Kecil

Buah yang Bisa Dikenalkan di Awal MPASI

15 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Bersamaan dengan pengenalan sayur, Si Kecil tentu juga diperkenalkan dengan berbagai buah untuk menambah eksplorasi rasanya. Semua buah umumnya aman dikonsumsi Si Kecil, namun sebaiknya Bunda memilih buah untuk MPASI pertama yang teksturnya lembut dan tidak memicu gangguan pencernaan. Lalu, buah apa saja yang aman dikonsumsi Si Kecil sejak berusia 6 bulan? Berikut ini adalah di antaranya.

1. Pisang

Selain kaya akan Asam Folat dan Kalium, pisang dapat menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Tak hanya itu, pisang juga diperkaya Vitamin dan Mineral lainnya, seperti , Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin K, Folat, Kolin, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Tembaga, Mangan, dan Selenium yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mikro Si Kecil. Cara penyajiannya pun mudah. Pada awal MPASI pertama, Bunda dapat membuatnya menjadi puree. Seiring dengan peningkatan tekstur MPASI, Bunda bisa memberikan pisang dalam bentuk potongan kecil yang dapat digenggam.

2. Jeruk

Mungkin Bunda bertanya-tanya, bolehkah Si Kecil makan jeruk sebagai salah satu menu MPASI pertama? Ternyata boleh, Bunda. Jeruk kaya akan Vitamin C yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan tubuhnya. Namun, pastikan Bunda memilih jeruk yang rasanya manis agar perut Si Kecil tetap nyaman, dan pisahkan bijinya agar Si Kecil tidak tersedak. 

3. Prune (Plum)

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis pasti disuka Si Kecil. Tak hanya itu, buah prune atau plum mengandung Vitamin A, C, dan Serat yang amat baik diberikan pada Si Kecil yang sedang belajar mengonsumsi MPASI pertama. Bunda bisa menambahkan buah prune yang sudah dihaluskan ke dalam MPASI homemade Si Kecil untuk mengoptimalkan kerja sistem pencernaannya dan membuatnya semakin aktif. 

4. Stroberi

Sebagai menu MPASI pertama, buah ini kaya akan Vitamin C dan zat antioksidan. Warna merah cerahnya mengandung zat fenol yang dapat melindungi Si Kecil dari penyakit berbahaya seperti kanker. Mengingat rasa stroberi yang asam-manis dan segar, Bunda bisa mengombinasikannya dengan buah lain bercita rasa manis saat menyiapkan MPASI. 

5. Apel

Tahukah, Bunda? Pektin yang merupakan serat larut dalam apel dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Si Kecil. Tina Ruggiero, MS, RD, LD, pakar nutrisi dan penulis buku The Best Homemade Baby Food on the Planet mengatakan bahwa apel bekerja membantu penyerapan Zat Besi. Untuk memberikan apel sebagai MPASI Pertama Si Kecil, Bunda perlu mengukusnya terlebih dulu hingga empuk. Kenapa? Apel yang tidak dimasak akan berubah menjadi cairan saja saat dihaluskan atau diblender. 

6. Pir

Pir merupakan salah satu buah yang paling aman dikonsumsi, karena bebas dari kandungan yang menyebabkan Si Kecil terkena alergi. Tak heran, buah yang mengandung banyak air ini kerap disajikan sebagai menu MPASI pertama. Cara penyajiannya mirip dengan apel, yaitu bisa dihaluskan sebagai puree.


Dengan memperhatikan pemilihan buah serta cara membuat MPASI pertama yang tepat, tumbuh kembang Si Kecil pun diharapkan menjadi lebih optimal. Nah, Bunda juga dapat memberikan CERELAC Risenutri sebagai pasangan MPASI pertama Si Kecil. CERELAC Risenutri merupakan bubur polos yang tinggi Zat Besi dan teksturnya pas untuk Si Kecil. Tak hanya diperkaya 10 Vitamin dan 6 Mineral, CERELAC Risenutri juga bisa dikombinasikan sebagai menu MPASI manis maupun gurih sesuai selera. Jadi, Bunda bisa lebih mudah berkreasi menyiapkan menu MPASI pertama Si Kecil.