Stimulasi Otot Mulut untuk Si Kecil yang Susah Makan Stimulasi Otot Mulut untuk Si Kecil yang Susah Makan

Stimulasi Otot Mulut untuk Si Kecil yang Susah Makan

22 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Salah satu penyebab Si Kecil tidak mau makan adalah adanya gangguan oromotor (sistem gerak otot mulut) yang menyebabkan ia kesulitan makan dan menelan. Menurut Dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A (K), selaku konsultan nutrisi dan penyakit metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM, kurangnya stimulasi oromotor bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi perilaku anak dalam memilih makanan. Ketika ia tak mau makan, penyebabnya tidak melulu rasa makanan itu kurang enak. Ini bisa jadi karena Si Kecil tidak nyaman saat memakannya. Oleh karena itu, Bunda perlu memberikan stimulasi oromotor untuk membantu kemampuannya dalam mengunyah dan menelan. Selain memberikan CERELAC Nutripuffs sebagai camilannya, berikut beberapa stimulasi sederhana yang bisa dilakukan:

  1. Gunakan Berbagai Jenis Alat Makan

Perkenalkan Si Kecil dengan berbagai jenis alat makan (sendok, garpu) dan alat minum (sippy cup, sedotan, cangkir/gelas) sesuai kemampuan Si Kecil. Cara ini dapat membantu menstimulasi otot lidah dan mulutnya. Pilihlah sendok dan garpu berbahan lentur dan bentuknya sesuai dengan lekuk mulut anak. 

  1. Berikan Makanan Sesuai Usia

Makanan padat pertamanya harus mudah dikunyah dan dapat dicampur dengan cairan seperti ASI, atau biasa disebut bubur ASI. Setelah Si Kecil mencapai usia 7-9 bulan, Bunda boleh mulai memberikan makanan semi-padat yang lebih bertekstur dan memerlukan keterampilan mengunyah.

Saat keterampilan mengunyahnya di usia 9-12 bulan semakin sempurna dan ia mulai bisa memegang makanan sendiri, Bunda dapat menyajikan finger food. Hal ini dapat membantu kemandirian anak dalam hal makan, sehingga ketika menginjak usia 1-3 tahun, Si Kecil akan berusaha untuk mamam sendiri.

  1. Sediakan Finger Food

Salah satu cara mengatasi anak susah makan yang cukup efektif adalah dengan memberikan finger food kesukaannya. Bunda dapat menawarkan Si Kecil biskuit, buah-buahan, atau sayuran yang dikukus dan dipotong kecil-kecil. Bunda juga dapat memberikan CERELAC Nutripuffs yang mudah digenggam dan meleleh di mulut. Selain memuaskan selera makannya, finger food membantu menguatkan koordinasi antara tangan dan mulut Si Kecil.

  1. Latih Indera Pengecap Si Kecil dengan Beragam Rasa 

Bunda dapat memberikan Si Kecil buah rasanya manis, seperti apel, pepaya, dan pir. Semakin bervariasi makanan yang diberikan, indera pengecap Si Kecil akan semakin terstimulasi. Selain memberikan buah, Bunda juga dapat memberikan CERELAC Nutripuffs yang punya empat varian rasa, yaitu Tomato & Onion, Spinach & Onion, Banana & Strawberry, dan Banana & Orange. Jadi, eksplorasi rasanya pun lebih banyak.

 

Dengan mengetahui penyebab utamanya, Bunda tentu dapat menerapkan cara mengatasi anak susah makan yang lebih tepat. Oleh sebab itu, selain memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui bubur MPASI CERELAC Bubur Sereal, pastikan Bunda memberikan camilan yang bernutrisi seperti CERELAC Nutripuffs. CERELAC Nutripuffs dibuat dari bahan alam pilihan, dipanggang bukan digoreng, meleleh di mulut, mudah dipegang, dan mengandung Vitamin serta Mineral.

Bila Si Kecil masih tetap tidak mau makan secara berkelanjutan, ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tetap semangat ya, Bunda!