Tipe Menyajikan Cemilan Sehat dan Aman untuk Si Kecil Tipe Menyajikan Cemilan Sehat dan Aman untuk Si Kecil

Tipe Menyajikan Cemilan Sehat dan Aman untuk Si Kecil

02 September 2021
facebook icon whatsapp icon

Selain memberikan menu MPASI, Si Kecil juga perlu diberikan cemilan anak sebagai menu selingan. Cemilan anak tentunya harus berupa cemilan sehat karena juga merupakan menu pelengkap untuk membantu kebutuhan nutrisi harian anak. Selain itu, cemilan anak juga perlu sesuai dengan tahap perkembangannya ya, Bunda. Dengan tekstur yang sesuai dengan usia anak, pemberian cemilan juga membantu perkembangan otot mulut sekaligus cara bagi Si Kecil untuk mengeksplorasi rasa makanan. 

 

Apa saja contoh cemilan sehat untuk anak?

Cemilan anak yang sehat perlu bergizi walau secara porsi tentu lebih sedikit daripada MPASI menu utama, juga rendah lemak dan gula. Contoh cemilan sehat adalah potongan buah atau sayur, yogurt, biskuit bayi, dan sebagainya.

 

Bagaimana menyajikan cemilan anak dengan aman?

Selain Bunda perlu cermat dalam memilih cemilan anak yang sehat, Bunda juga perlu memastikan Si Kecil memakan cemilan anak tersebut dengan aman. Berikut ini adalah beberapa tips menyajikan cemilan dengan aman untuk Si Kecil.

 

  1. Pastikan Si Kecil duduk dengan tegak agar ia tidak tersedak. Jangan memberikan cemilan ketika anak dalam posisi berbaring, merangkak, atau berjalan.

 

  1. Pastikan ukuran camilannya sesuai untuk Si Kecil. Makanan dengan ukuran besar dapat membuat Si Kecil tersedak. Karena itu pilihlah yang ukurannya sesuai dengan usia anak atau dipotong kecil untuk camilan berupa buah dan sayur.

 

  1. Pilih cemilan yang memang dirancang untuk usia Si Kecil. Biasanya cemilan seperti ini ukurannya pas untuk tangan anak dan juga mudah lumat atau lumer begitu terkena cairan.

 

  1. Rebus atau kukus sayuran yang keras seperti wortel. Kupas serta buang biji yang ada di buah-buahan.

 

  1. Hindari memberikan camilan menggunakan tusuk gigi, garpu kue plastik, atau sejenisnya.

 

  1. Bantu Si Kecil untuk makan sedikit demi sedikit sehingga mulutnya tidak penuh dan mengunyah dengan baik.

 

  1. Hindari jenis cemilan yang berbahaya bagi Si Kecil seperti permen, anggur utuh, kacang-kacangan, makanan yang dapat memicu alergi, dan sebagainya.

 

  1. Selalu awasi Si Kecil ketika ia sedang makan atau minum, termasuk saat waktunya selingan cemilan anak.

 

Untuk pilihan cemilan anak mulai usia 1 tahun, Bunda juga dapat mencoba CERELAC Nutripuffs yang dirancang khusus untuk pengalaman makan yang menyenangkan. CERELAC Nutripuff dibuat dari buah asli, dipanggang bukan digoreng, meleleh di mulut, mudah dipegang, dan mengandung vitamin serta mineral. Cemilan ini juga tidak mengandung MSG maupun tambahan garam. CERELAC Nutripuffs juga memiliki varian rasa sebagai pilihan bagi Si Kecil. Coba, yuk Bunda!