Hindari 6 Makanan Ini Sebelum Si Kecil 1 Tahun Hindari 6 Makanan Ini Sebelum Si Kecil 1 Tahun

Hindari 7 Makanan Ini Sebelum Si Kecil 1 Tahun

15 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Setelah memasuki masa pemberian makanan pendamping ASI, Bunda bisa jadi sudah memperkenalkan beragam menu MPASI pada Si Kecil. Namun, perlu diketahui bahwa variasi makanan untuk menu MPASI dan camilannya tetap perlu dijaga. Memberikan Si Kecil menu makanan sehat dan bergizi seimbang akan membantunya mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya dalam masa pertumbuhan.

Perlu Bunda ketahui bahwa apa yang dimakan anak di usia 3 tahun pertama membentuk pilihan makanannya setelah ia dewasa. Oleh sebab itu, Bunda perlu memastikan makanan yang sehat bergizi ada di dalam menu MPASI dan camilan Si Kecil sejak dini. Lalu, apa saja makanan yang perlu dihindari? Yuk, simak selengkapnya!

1. Keripik 

Makanan olahan seperti keripik biasanya mengandung garam yang tinggi. Padahal, Si Kecil yang belum genap 1 tahun hanya diperbolehkan mengonsumsi maksimal 0,4 g sodium dalam sehari. Hal ini dikarenakan ginjal Si Kecil belum siap untuk menerima kadar garam yang lebih banyak, Bunda. Oleh sebab itu, keripik tidak direkomendasikan diberikan sebagai menu MPASI maupun camilan Si Kecil. Jadi, apabila Bunda di rumah menyimpan stok keripik untuk anggota keluarga yang lain, simpan di tempat yang tidak terjangkau Si Kecil, ya. Akan lebih baik bila Bunda menyajikan potongan buah segar atau sayuran yang dicincang  sebagai camilan.

2. Permen 

Kandungan gula yang tinggi dari permen akan diubah oleh bakteri di mulut menjadi zat asam. Zat asam ini kemudian dapat menempel di email atau lapisan luar gigi Si Kecil, serta mengganggu kesehatan gigi dan mulutnya. Bila permen terselip sebagai camilan dalam menu MPASI harian Si Kecil, dikhawatirkan giginya yang sedang tumbuh mengalami karies, Bunda.

3. Cokelat

Selain rasanya yang manis, cokelat memang punya berbagai manfaat untuk Kesehatan bila dikonsumsi secara tepat, Bunda. Meski demikian, di usia Si Kecil saat ini, cokelat belum dapat direkomendasikan. Memakai cokelat sebagai menu MPASI atau camilan juga dapat memperbesar risiko karies pada gigi mungilnya.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang memberikan rasa dan sensasi unik yang menyegarkan di mulut. Sayangnya, efek meminum minuman bersoda kurang baik untuk tubuh Si Kecil yang sedang mencoba berbagai menu MPASI pertama. Selain berkadar gula tinggi, keasamannya dapat merusak gigi Si Kecil yang baru muncul.

5. Minuman Berkafein

Selain minuman bersoda, minuman berkafein seperti teh atau kopi juga sebaiknya dihindari dari Si Kecil yang sedang mengeksplorasi menu MPASI pertamanya. Kenapa? Kafein dalam teh, soda, atau minuman lainnya dapat membuat Si Kecil mengalami kesulitan tidur dan rewel. Selain itu, kafein dikhawatirkan rentan meningkatkan asam lambung dan mengganggu pencernaan Si Kecil yang masih sensitif. 

6. Madu

Tahukah, Bunda? Madu merupakan salah satu menu MPASI yang perlu dihindari sebelum Si Kecil berusia 1 tahun. Kenapa? Meski menyehatkan bagi orang dewasa maupun anak di atas 1 tahun, madu justru dapat menyebabkan keracunan pada Si Kecil yang baru mencoba variasi menu MPASI di usia 6-12 bulan. Hal ini dikarenakan madu mengandung bakteri Clostridium Botulinum yang dapat menyerang sistem saraf otak, tulang belakang, dan saraf lainnya.

Meskipun menghindari 6 makanan di atas, Si Kecil masih punya banyak pilihan makanan untuk menu MPASI. Salah satunya adalah CERELAC Homestyle. CERELAC Homestyle terbuat dari bahan alam dikeringkan dan bergizi lengkap bagi Si Kecil yang sedang belajar mengunyah. CERELAC Homestyle tersedia dalam rasa Bubur Tim Sayur dan Bubur Tim Ayam Wortel, lho. Tak hanya punya tekstur yang pas dan rasa bervariasi, CERELAC Homestyle juga tinggi Protein dan Zat Besi, mengandung Omega 3 dan 6, serta diperkaya 10 Vitamin dan 5 Mineral. Pas untuk menu MPASI Si Kecil, bukan?