Cemilan yang Sehat untuk Si Kecil Usia 12 Bulan Cemilan yang Sehat untuk Si Kecil Usia 12 Bulan

Cemilan yang Sehat untuk Si Kecil Usia 12 Bulan

01 July 2021
facebook icon whatsapp icon

Bunda, setelah berusia genap 6 bulan, selain MPASI pokok, Si Kecil juga membutuhkan cemilan anak sehat sebagai menu pelengkap untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Apalagi setelah ia menginjak usai 12 bulan, dimana pada tahap perkembangan ini Si Kecil tentu menjadi semakin aktif. IDAI juga menganjurkan untuk anak usia 12 bulan diberi makan cemilan, atau selingan,sebanyak 1-2 kali diantara makan besar.

 

Cemilan sendiri bisa dikonsumsi di antara jadwal makan utama, misalnya diantara makan pagi dan makan siang, atau diantara makan siang dan makan malam. Nah, jika komposisi makan utama perlu mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, maka komposisi cemilan tidak selalu mengandung zat gizi lengkap. Tetapi, karena salah satu manfaat cemilan adalah untuk membantu memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian Si Kecil, maka tentunya cemilan yang Bunda berikan untuk anak harus berupa cemilan sehat. Bunda tetap perlu cermat dalam memilih cemilan anak sehat supaya pemberian menu selingan ini benar-benar dapat mendukung tumbuh kembang anak dan tidak malah menghambatnya.

 

Nah, sepert apa sih yang termasuk cemilan anak sehat? Yuk, simak penjelasan singkat dan tips menyiapkan cemilan sehat berikut ini.

 

  1. Cemilan sehat sebaiknya mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak. Yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan tentunya vitamin juga mineral seperti zat besi. Sebaiknya nutrisinya seimbang, tetapi tentu porsinya lebih kecil daripada makanan utama. Misalnya lemper, roti selai kacang, bubur kacang hijau, dan sebagainya.
  2. Cemilan anak sehat juga perlu dipastikan bebas dari bahan tambahan pangan yang berbahaya. Bunda tentu perlu mengetahu apa saja bahan tambahan pangan yang dilarang oleh BPOM supaya bisa cermat memilih cemilan untuk anak. Bahan tambahan pangan yang berbahaya dapat membahayakan kerusakan organ dalam tubuh.
  3. Pastikan menu cemilan untuk Si Kecil terjaga kebersihannya, baik saat diolah maupun saat dihidangkan untuk disantap.
  4. Cemilan sehat sebaiknya tidak memiliki kandungan pemanis, lemak, dan penyedap rasa yang tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan dapat mengakibatkan obesitas, meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, merusak gigi, mempengaruhi mood dan meningkatnya kadar gula darah anak. 
  5. Jika ingin memberikan camilan sehat berupa buah, sebaiknya hindari jus buah dan sajikan buah potong saja. Konsumsi jus buah yang mengandung gula cukup banyak dapat membuat anak kenyang dan tak berselera saat waktunya makan utama.
  6. Masukkan buah dan sayur ke dalam menu camilan anak sehat. Banyak anak yang tidak cukup makan buah dan sayur dan Bunda dapat memanfaatkan camilan untuk memastikan Si Kecil cukup mengonsumsi buah dan sayur.
  7. Hindari menyajikan cemilan berupa gorengan terlalu sering. Pasalnya kandungan lemak tak jenuh dalam minyak dapat berubah menjadi lemak jenuh ketika dipanaskan dalam suhu tinggi. Lemak jenuh ini dapat berbahaya bagi kesehatan karena menyebabkan meningkatnya kolesterol jahat.

 

CERELAC Nutripuff Banana & Strawberry merupakan cemilan dengan rasa manis yang dirancang khusus bagi Si Kecil. CERELAC Nutripuff Banana & Strawberry dibuat dari bahan pilihan, dipanggang bukan digoreng, meleleh di mulut, mudah dipegang, dan tentunya mengandung vitamin serta mineral, termasuk zat besi, zink dan kalsium. Cemilan ini juga tidak mengandung MSG maupun tambahan garam. Yuk Bunda, coba CERELAC Nutripuff Banana & Strawberry untuk bantu mencukupi kebutuhan nutrisi dan mendukung perkembangan Si Kecil.