Manfaat Kacang Hijau untuk Tumbuh Kembang Si Kecil Manfaat Kacang Hijau untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

02 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Tak terasa, tumbuh kembang Si Kecil berjalan dengan pesat! Kini, ia siap mencicipi beragam Makanan Pendamping ASI (MPASI). Nah, bagaimana bila Ibu mengolah kacang hijau? Manfaat kacang hijau sebagai penambah darah tentu sudah sering Bunda dengar. Selain itu, ada berbagai manfaat lain, lho. Yuk, cari tahu info selengkapnya mengenai manfaat kacang hijau bagi tumbuh kembang Si Kecil di bawah ini!

Kacang Hijau Penambah Darah

Seperti yang sempat disebutkan sekilas di atas, kacang hijau bermanfaat sebagai penambah darah. Kenapa? Tumbuhan berbentuk bulat-bulat kecil dan berwarna hijau ini mengandung Zat Besi, Bunda. Zat Besi berperan membantu mengurangi risiko anemia pada Si Kecil karena peran kacang hijau sebagai penambah darah.

Kacang Hijau Mendukung Tumbuh Kembang

Bunda dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan memberikannya MPASI kacang hijau. Kandungan Vitamin A, C, E, K, dan B6 di dalam kacang hijau berperan untuk menunjang kesehatan Si Kecil. Vitamin A misalnya, berguna untuk mendukung kesehatan mata. Selain itu, kacang hijau juga dikenal sebagai sumber Protein nabati yang baik, karena mengandung sekitar 20-24% Protein. 

Kacang Hijau Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tak hanya berperan sebagai penambah darah, kacang hijau juga bermanfaat untuk bantu menjaga sistem daya tahan tubuh Si Kecil.  Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti mikroba dan anti inflamasi. Dengan begitu, kandungan nutrisi di dalam kacang hijau ini bisa membantu melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil agar ia tidak mudah sakit, Bunda!

Kacang Hijau Mendukung Kecerdasan

Manfaat lain dari kacang hijau selain penambah darah adalah dapat membantu mengoptimalkan daya ingat Si Kecil, Bu. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung asam folat yang penting untuk mendukung perkembangan otak. Jadi, jangan lupa masukkan kacang hijau ke dalam menu MPASI Si kecil, ya.

Kacang Hijau Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Tahukah, Bunda? Selain sebagai penambah darah, kacang hijau juga menjadi sumber kalsium dan fosfor yang baik bagi kebutuhan gizi Si Kecil. Kedua mineral tersebut dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya.

Ternyata kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil ya, Bunda? Tak hanya berperan sebagai penambah darah, kacang hijau juga baik untuk pertumbuhan, perkembangan, juga mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil.

Nah, setelah Bunda mengetahui berbagai peran kacang hijau penambah darah dan manfaat lainnya, sekarang saatnya Bunda mengenalkan kacang hijau sebagai menu MPASI Si Kecil. Salah satu caranya adalah membuatkan semangkuk Nestlé CERELAC Bubur Sereal Kacang Hijau.

Nestlé CERELAC Bubur Sereal Kacang Hijau merupakan MPASI instan bergizi lengkap untuk perut Si Kecil. Terbuat dari bahan alam yang dikeringkan, Nestlé CERELAC Bubur Sereal Kacang Hijau tinggi Zat Besi serta diperkaya 11 Vitamin dan 6 Mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Jadi, sudah siap menambahkan kacang hijau penambah darah sebagai menu MPASI Si Kecil, Bunda? Selamat mencoba, ya!