Tahap Perkembangan Anak 6-12 Bulan Tahap Perkembangan Anak 6-12 Bulan

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 6-12 Bulan

02 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Tumbuh kembang Si Kecil berlangsung pesat dalam tahun pertamanya kehidupannya. Dari bulan ke bulan, kemampuan motoriknya akan terus bertambah. Apa saja tahap perkembangan anak 6 bulan hingga 1 tahun dari segi fisiknya? Cari tahu informasi selengkapnya di artikel berikut ini, Bunda!

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 6-9 Bulan

Perkembangan anak 6 bulan hingga 9 bulan dari segi fisik dapat dilihat dari koordinasi tubuhnya, Bunda. Pada usia ini, koordinasi sistem otot dan saraf Si Kecil sudah menunjukkan kemajuan. Misalnya, memegang sebuah benda dan memasukkannya ke dalam mulut. Selain itu, perkembangan anak 6 bulan juga dapat dilihat dari kemampuannya untuk duduk. Pada usia ini, Si Kecil mulai belajar duduk tanpa bantuan penyangga, seperti bantal atau tubuh Ibu di belakang punggungnya.

Nah, pada usia 7 bulan, Si Kecil mungkin juga mulai belajar memegang sendok, meskipun belum bisa menggunakannya untuk makan. Selain itu, Si Kecil biasanya mulai aktif bergerak dengan cara merayap. Ini merupakan tahapan sebelum merangkak, di mana ia bergerak dengan posisi tengkurap (kondisi perut masih menempel di atas permukaan lantai atau kasur). Nah, barulah saat berusia 8-9 bulan, Si Kecil belajar untuk merangkak.

Cara Dukung Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 6-9 Bulan

Untuk mendukung perkembangan anak 6 bulan hingga 9 bulan, Bunda perlu meluangkan waktu untuk mengajak Si Kecil bermain di lantai. Dengan begitu, ia akan lebih banyak berlatih untuk merangkak dan juga duduk.

Sebagai alternatif kegiatan lainnya, sesekali Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk memegang sendok dan membiarkannya bermain dengan makanan yang telah disajikan. Meskipun menyebabkan makanan jadi berceceran, kegiatan ini dapat bantu mengenalkannya cara makan.

Tahap Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 9-12 Bulan

Tahap perkembangan anak 6 bulan ke atas, khususnya usia 9-12 adalah kemampuan untuk duduk sendiri. Pada rentang usia ini, Si Kecil biasanya sudah dapat belajar duduk sendiri karena otot kepala, leher, dan punggungnya sudah semakin menguat. Selain itu, tangan dan kakinya juga sudah dapat mendukung Si Kecil untuk mulai bergerak merangkak.

Menginjak usia 10-11 bulan, Si Kecil mulai belajar untuk berdiri sendiri dengan cara berpegangan. Selain itu, di tahap perkembangan ini Si Kecil juga mulai melatih kemampuannya untuk berjalan dengan cara memegang tangan Ibu. Lalu, di usia 12 bulan, jari Si Kecil mulai terlatih untuk memegang benda dengan menggunakan ibu jari dan telunjuknya.

Cara Dukung Perkembangan Fisik Si Kecil Usia 9-12 Bulan

Untuk mendukung perkembangan anak 6 bulan ke atas, di usia 9-12 bulan dari segi fisik, Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk bergerak aktif. Caranya, ajak ia bermain, sehingga Si Kecil makin terlatih untuk merangkak, berjalan, dan melatih kemampuan fisik lainnya. Salah satu contoh permainan yang dapat Bunda lakukan misalnya, menggelindingkan bola ke arahnya. Mengingat rutinitasnya yang mulai aktif di masa pertumbuhan ini, ada baiknya bila Bunda membuat tempat yang aman bagi Si Kecil untuk bermain di dalam rumah.

Sambil mendukung perkembangan anak 6 bulan ke atas, khususnya pertumbuhan fisik Si Kecil, Bunda perlu mencukupi kebutuhan gizinya dengan menyiapkan makanan bernutrisi. Salah satunya dengan memberikan Nestlé CERELAC Bubur Sereal yang terbuat dari bahan alam dikeringkan dan punya berbagai varian rasa. Ibu bisa memberikan Nestlé CERELAC Bubur Sereal Kacang Hijau; Beras Merah; Ayam Bawang; atau Apel, Jeruk & Pisang. Semua varian Nestlé CERELAC Bubur Sereal diperkaya 11 Vitamin dan 6 Mineral serta tinggi Zat Besi untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil dan mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Nah, mengetahui tahap pertumbuhan fisik Si Kecil usia 6-12 bulan ternyata mengagumkan ya, Bunda? Setelah menyimak informasi ini, pastikan Bunda mengoptimalkan perkembangan anak 6 bulan ke atas dengan cara memberikan nutrisi dan stimulasi yang baik. Semoga informasinya bermanfaat, ya.