Ini Dia Makanan Sumber Probiotik & Prebiotik untuk Si Kecil! Ini Dia Makanan Sumber Probiotik & Prebiotik untuk Si Kecil!

Ini Dia Makanan Bayi Sumber Probiotik & Prebiotik untuk Si Kecil!

22 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Melihat Si Kecil tumbuh sehat, tentunya bisa membuat Bunda bahagia. Untuk mewujudkan hal ini, Bunda butuh memastikan kebutuhan gizinya tercukupi. Salah satunya dengan memberikan makanan bayi yang mengandung probiotik dan prebiotik.

Probiotik merupakan bakteri yang hidup di dalam saluran cerna untuk mendukung perlindungan tubuh anak dari kuman penyebab penyakit. Sementara prebiotik merupakan serat pangan yang fungsinya menjadi makanan bagi probiotik untuk hidup dan berkembang biak. 

  1. Sumber Probiotik

Nah, apa saja sumber probiotik yang ada di sekitar Bunda? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Tempe

Ini salah satu sumber probiotik yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket. Selain kandungan probiotik, olahan kedelai yang difermentasi ini juga tinggi protein.

  • Keju

Tidak semua produk keju mengandung probiotik. Bunda disarankan memilih keju yang bertekstur keras seperti cheddar dan gouda, karena di dalamnya mengandung probiotik Bifodobacteria

  • Yoghurt

Secara alami, yoghurt mengandung Lactobacillus, salah satu jenis probiotik. Untuk memastikannya, cek label kemasan yoghurt karena beberapa produk bisa jadi tidak memiliki kandungan probiotik akibat proses produksi.

  • Kefir

Olahan fermentasi susu untuk kesehatan anak ini juga bisa jadi alternatif asupan nutrisi bagi Si Kecil. Bakteri baik yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh Si Kecil.

  1. Sumber Prebiotik

Sumber probiotik juga perlu dilengkapi prebiotik supaya dapat bekerja optimal. Oleh sebab itu, Bunda bisa memilih sumber prebiotik berikut untuk menu MPASI Si Kecil.

  • Bawang Putih

Gunakan cacahan bawang putih sebagai bumbu atau ditaburkan pada menu tumisan Si Kecil. Sekitar 6% kandungan serat dari bawang putih mengandung prebiotik.

  • Bawang Merah

Bumbu dapur ini mengandung prebiotik, serta antioksidan dan antibiotik yang dapat mendukung kesehatan tubuh Si Kecil.

  • Daun Bawang

Bahan makanan ini dapat dicampurkan dalam pasta atau sup. Selain mengandung prebiotik, daun bawang juga dapat membantu menambah nafsu makan Si Kecil karena aromanya yang menggugah selera.

  • Pisang

Buah yang satu ini juga dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Selain itu, pisang  juga mengandung vitamin B, vitamin C, kalium, dan serat, untuk melengkapi asupan gizi Si Kecil.

  • Apel

Di dalam apel terdapat kandungan serat pektin. Ini merupakan salah satu jenis prebiotik yang berfungsi sebagai makanan bakteri baik di saluran pencernaan Si Kecil.

Nah, itulah sumber prebiotik dan probiotik yang bisa Bunda berikan untuk menu makanan bayi Si Kecil. Supaya kebutuhan nutrisi lainnya tetap terpenuhi, bunda bisa mengombinasikan sumber prebiotik dan probiotik di atas dengan CERELAC Risenutri.

CERELAC Risenutri merupakan bubur polos pasangan MPASI homemade Bunda untuk mencukupi kebutuhan Zat Besi Si Kecil. CERELAC Risenutri juga diperkaya 10 Vitamin dan 6 Mineral untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Jadi, jangan lupa untuk menjadikan CERELAC Risenutri sebagai bubur polos makanan bayi Si Kecil, ya. Semoga info ini bermanfaat, Bunda!