Kenali Tahapan Si Kecil Belajar Duduk Kenali Tahapan Si Kecil Belajar Duduk

Kenali Tahapan Si Kecil Belajar Duduk

22 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Bagi Bunda yang baru pertama kali memiliki anak, mungkin sering muncul pertanyaan tentang proses tumbuh kembang bayi. Salah satunya pertanyaan tentang kapan Si Kecil bisa mulai belajar duduk. Bisa duduk sendiri tanpa perlu ditopang memang merupakan salah satu tahap penting atau milestone dalam tumbuh kembang bayi. 

Biasanya, pada usia 4-6 bulan, otot-ototnya sudah semakin kuat dan kemampuan gerak kasarnya sudah semakin meningkat, seperti mengangkat kepala dan berguling. Nah, tahap selanjutnya untuk Si Kecil adalah mulai belajar duduk. Ketika Bunda mulai mengajari posisi duduk pada Si Kecil, secara tidak langsung, hal ini akan membentuk pola pikir mandiri secara alami untuknya. Bagaimana caranya ia berusaha sendiri untuk mengangkat otot-otot leher dan punggung untuk membentuk posisi duduk yang nyaman. Supaya Bunda lebih paham, simak bagaimana tahapan Si Kecil belajar duduk, yuk! 

Proses Belajar Duduk Si Kecil

Di usia 3 hingga 4 bulan, perkembangan otot Si Kecil berlangsung sangat cepat. Saat sedang berbaring di perutnya, ia mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri. Hal ini merupakan tanda tumbuh kembang bayi bahwa kekuatan otot lehernya mulai meningkat. Setelah melewati fase ini, Si Kecil akan belajar dengan sendirinya cara menggunakan tangannya untuk mengangkat dadanya sedikit dari tempat berbaring.

Lalu, ketika ia berusia 5 hingga 6 bulan, Si Kecil sudah bisa duduk dengan baik dengan ditopang. Otot punggung dan lehernya sudah dapat digunakan untuk menahan tubuhnya agar bisa duduk tegak. Sesekali ia mungkin bisa duduk tanpa ditopang, namun Bunda tetap harus mengawasi dan menjaganya jika terjatuh, dengan meletakkan bantal di sekitarnya. Lama kelamaan, Si Kecil akan terbiasa dan belajar menyeimbangkan diri dengan mencondongkan tubuh atau bersandar pada tangan mungilnya.

Menginjak usia 7 hingga 8 bulan, ia sudah bisa duduk sendiri tanpa harus ditopang karena ototnya sudah semakin kuat. Bahkan, mungkin ia sudah bisa mengubah posisi dari berbaring pada perutnya, menjadi duduk tegak sendiri. Kedua tangannya bisa menahan bobot tubuh saat ia akan membentuk posisi duduk. Sebuah pencapaian tumbuh kembang bayi yang menyenangkan, bukan? Biasanya, pada tahap ini, Si Kecil akan segera belajar untuk merangkak. Siap-siap ya, Bun!

Bantu Si Kecil Belajar Duduk

Untuk merangsang Si Kecil belajar duduk sehingga tumbuh kembang bayi berjalan sesuai usianya, tentu ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan.

  • Pertama, sejak berusia 4 bulan, coba sering baringkan ia dalam posisi tengkurap. Kemudian, arahkan ia untuk melihat ke atas dengan menggunakan mainan berwarna cerah atau yang mengeluarkan bunyi-bunyian menarik. Hal ini akan menguatkan otot leher, pundak, dan punggungnya yang akan digunakan untuk belajar duduk.
  • Kedua, jika ia sudah mulai bisa duduk walau belum begitu seimbang, coba tarik perhatiannya dengan meletakkan mainan di posisi yang agak jauh darinya. Rasa penasaran yang tinggi akan membuat Si Kecil menggapai mainan tersebut, dan ia akan berusaha mengambil mainannya sendiri. Karena fokus pada mainan, dengan sendirinya ia akan belajar untuk menyeimbangkan duduknya dengan menggunakan tangan.

Nah, perlu diingat bahwa pencapaian tumbuh kembang bayi berbeda-beda bagi setiap anak. Jika pada usia 9 bulan Si Kecil masih belum bisa duduk, Bunda bisa bertanya pada dokter untuk penjelasan lebih lanjut. 

Perlu Bunda ketahui bahwa bisa duduk merupakan salah satu tanda Si Kecil siap mengonsumsi MPASI pertamanya. Jadi, ketika ia telah berusia genap 6 bulan, Bunda bisa mulai memberikan MPASI seperti CERELAC Bubur Sereal. CERELAC Bubur Sereal merupakan MPASI instan bergizi lengkap untuk perut Si Kecil. CERELAC Bubur Sereal  tinggi Zat Besi serta diperkaya 11 Vitamin dan 6 Mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Jadi, terus dukung tumbuh kembang bayi kesayangan Bunda di rumah, ya!