Atur Waktu Makan MPASI Pertama untuk Si Kecil Atur Waktu Makan MPASI Pertama untuk Si Kecil

Bunda, Ayo Atur Waktu Makan MPASI Pertama Si Kecil!

02 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Si Kecil mulai mengonsumsi MPASI pertama? Wah, selamat Bunda! Jika demikian, tandanya Si Kecil telah memasuki tahap penting dalam tumbuh kembangnya. Menurut American Academy of Pediatrics, sebuah ikatan dokter anak di Amerika, pemberian MPASI pertama sebaiknya dilakukan saat Si Kecil genap berusia 6 bulan. Jika terlalu dini, Si Kecil berisiko kurang mendapatkan manfaat ASI secara optimal. Jika terlambat, Si Kecil berisiko “telat” belajar mengunyah dan makan yang dapat memicu kurangnya stimulasi pada otot mulut dan sekitarnya.

Untuk memastikan Si Kecil mendapatkan nutrisi dan stimulasi yang dibutuhkannya saat ini, ada baiknya Bunda mengetahui cara mengenalkan MPASI pertama yang tepat untuk Si Kecil. Berikut inspirasinya untuk Bunda, mulai dari kapan Bunda perlu memberikan ASI dan MPASI pertama, serta porsi yang direkomendasikan agar proses perkenalan Si Kecil dengan makanan padat pertamanya dapat berjalan menyenangkan.

Bagaimana Mengatur Pemberian ASI dan MPASI Pertama?

Pada dasarnya, jadwal pemberian ASI dan MPASI pertama pada satu anak tidak harus selalu sama dengan anak lainnya. Bunda dapat menyesuaikannya dengan pola makan si Kecil secara perlahan. Perhatikan bagaimana respon Si Kecil saat diberikan makanan padat, dan hindari memaksanya untuk makan.

Untuk memulai, Bunda dapat memberikan MPASI pertama satu kali sehari di pagi hari. Lalu, secara bertahap berikan MPASI dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Ketika usianya bertambah, Bunda dapat membiasakan Si Kecil makan tiga kali sehari, dengan dua kali camilan di jeda waktu makan, sambil tetap memberikannya ASI. 

Rekomendasi Porsi ASI dan MPASI Pertama 

Saat ini, Si Kecil bisa jadi mengonsumsi ASI hingga 6-8 kali dalam sehari. Ketika sudah diperkenalkan MPASI pertama, frekuensi tersebut bisa menurun hingga 4-6 kali dalam sehari. Untuk perkenalan MPASI, cukup berikan 1-2 sendok makan per sekali makan, dan bisa ditingkatkan hingga 3-4 sendok makan per sekali makan ketika Si Kecil mulai terbiasa.

Dilansir dari Kompas.com, menurut dr. Fiastuti Witjaksono, Msc, MS, Sp.GK – spesial ahli gizi klinik dari Departemen Gizi FKUI-RSCM – dalam mengatur pemberian MPASI pertama, Bunda bisa melihat contoh jadwal MPASI berikut ini: 

Pukul 06.00-07.00 atau setelah bangun tidur   

ASI

Pukul 09.00                                                                

MPASI

Pukul 11.00-12.00

Buah

Pukul 14.00

MPASI

Pukul 17.00

Buah atau biskuit yang dicampur susu

Pukul 18.00                                                                 

ASI

Contoh di atas adalah rekomendasi pemberian ASI untuk Si Kecil yang berusia 6-7 bulan. Meski begitu, Bunda dapat menyesuaikannya dengan jadwal harian Si Kecil, sehingga waktu makan, tidur, bermain, dan aktivitas lainnya dapat berjalan seperti biasa.

Nah, sebagai pilihan MPASI pertama Si Kecil, Bunda dapat memberikan Nestlé CERELAC Bubur Sereal. Nestlé CERELAC Bubur Sereal merupakan MPASI instan bergizi lengkap yang terbuat dari bahan alam dikeringkan dan hadir dalam berbagai varian rasa. Mulai dari Nestlé CERELAC Bubur Sereal Kacang Hijau, Beras Merah, Ayam Bawang, serta Apel, Jeruk & Pisang. Selain punya banyak pilihan rasa, Nestlé CERELAC Bubur Sereal juga diperkaya 11 Vitamin dan 6 Mineral, Omega 3 dan 6, serta tinggi Zat Besi untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. 

Jadi, sudah siap memberikan MPASI pertama untuk Si Kecil dalam waktu dekat? Semangat terus memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil ya, Bunda!