Asupan Gizi untuk Si Kecil Saat Tumbuh Gigi Asupan Gizi untuk Si Kecil Saat Tumbuh Gigi

Asupan Gizi untuk Si Kecil Saat Tumbuh Gigi

22 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Memberi makan Si Kecil saat MPASI dapat menjadi tantangan sendiri bagi Bunda. Apalagi, pada usia 6-12 bulan, gigi pertama Si Kecil umumnya mulai tumbuh. Sebelum membahas lebih jauh, pastikan Bunda tahu kapan proses tumbuh kembang bayi ini berlangsung, ya. Perlu Bunda ketahui bahwa beberapa batita giginya tumbuh lebih cepat, sedangkan  beberapa lainnya mungkin baru tumbuh gigi pada usia 12 bulan, dan hal ini normal.  Proses pertumbuhan gigi umumnya menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman yang memengaruhi nafsu makan Si Kecil. Lalu, bagaimana caranya supaya Bunda bisa menjaga asupan gizi Si Kecil tetap terpenuhi selama proses tumbuh gigi? Yuk, simak tips berikut!

Pengaruh Tumbuh Gigi Terhadap Mood Si Kecil

Dilansir dari Medline Plus, tanda-tanda Si Kecil yang tumbuh gigi juga ditunjukkan dengan perubahan mood-nya. Si Kecil akan mulai rewel atau mudah tersinggung, sering menolak makanan, hingga sulit tidur. Agar momen tumbuhnya gigi Si Kecil ini tidak mengganggu tumbuh kembang bayi, ada beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi berbagai kondisi di atas:

  • Usap wajah Si Kecil dengan kain lembut untuk menghilangkan air liur dan mencegah ruam.
  • Berikan Si Kecil mainan karet untuk digigit. Pastikan sudah dibersihkan terlebih dulu.
  • Usap gusi Si Kecil dengan lembut menggunakan kain yang dingin.
  • Untuk sementara waktu, berikan Si Kecil minum air putih dalam training cup untuk meredakan rasa nyeri pada gusinya.

Tips Menyajikan Makanan untuk Si Kecil yang Tumbuh Gigi

Tumbuhnya gigi Si Kecil tentunya merupakan momen yang sangat Bunda nantikan dalam proses tumbuh kembang bayi. Namun, gusi Si Kecil di masa ini menjadi sensitif dan bengkak, sehingga Bunda perlu menyajikan menu yang tepat untuknya. Tentunya, menu yang diberikan harus menenangkan, mudah dikunyah, namun tetap memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil. Berikut ini adalah tipsnya:

  • Sajikan dalam Keadaan Dingin

Berdasarkan Strong 4 Life, sebaiknya beri Si Kecil yang tumbuh gigi asupan makanan bersuhu dingin. Bunda juga dapat memberikan Si Kecil potongan buah empuk yang telah dimasukkan ke dalam kulkas. Biarkan Si Kecil menggigit-gigit potongan buah dingin untuk menenangkan gusinya yang sensitif pada masa tumbuh kembang bayi ini.

  • Hindari Makanan Bertekstur Keras

Ketika gusinya sakit karena sedang tumbuh gigi, Si Kecil tentu kesulitan mengunyah makanan. Oleh sebab itu, Bunda bisa memberikan asupan makanan yang bertekstur lunak ataupun mudah ditelan. Misalnya, yoghurt atau puree buah.

  • Berikan Camilan yang Mudah Meleleh di Mulut

Bila Si Kecil sudah menginjak usia 1 tahun, Bunda juga bisa memberikannya camilan khusus untuk Si Kecil seperti CERELAC Nutripuffs. CERELAC Nutripuffs memiliki tekstur yang mudah meleleh di mulut. Jadi, Si Kecil tak akan kesulitan mengonsumsinya meskipun gusinya tengah sakit. 

  • Berikan Asupan Berukuran Kecil

Ukuran makanan yang diberikan kepada Si Kecil juga perlu diperhatikan, Bun. Misalnya, Bunda bisa memberikan camilan berukuran kecil agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. Sebaiknya potong-potong buah yang diberikan ke Si Kecil seukuran genggaman tangannya. Bunda juga dapat memberikan CERELAC Nutripuffs yang mudah digenggam. Si Kecil pun tak kesulitan memakan sendiri camilannya meski sedang tumbuh gigi. 

 

Tumbuh kembang bayi pada proses tumbuhnya gigi ini memang memerlukan stok kesabaran yang cukup dari Bunda. Oleh sebab itu, pastikan Bunda mendapat dukungan sehingga bisa menghadapi Si Kecil yang rewel saat tumbuh gigi ini, ya. Semangat terus, Bunda!