Berikut Cara Optimalkan Manfaat Sayur dan Buah dalam Menu MPASI Berikut Cara Optimalkan Manfaat Sayur dan Buah dalam Menu MPASI

Optimalkan Manfaat Sayur dan Buah untuk Menu MPASI dengan Cara Berikut!

15 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Bunda tentu tahu manfaat konsumsi buah dan sayur untuk menu MPASI Si Kecil. Untuk mengoptimalkan manfaatnya, sayur dan buah perlu dibersihkan dan disimpan dengan cara yang tepat, sebelum akhirnya dimasak menjadi MPASI homemade. Pasalnya, proses tanam, panen, hingga sampai ke tangan Bunda memerlukan waktu cukup panjang, sehingga rentan terkontaminasi bakteri bahkan polusi. 

Lalu, apa saja yang bisa Bunda lakukan untuk memastikan bahwa buah dan sayuran yang akan dimasak benar-benar bersih? Nah, berikut ini cara yang bisa Bunda lakukan untuk memastikan kebersihan sayur dan buah sebelum dikonsumsi Si Kecil:

  1. Jaga Kebersihan Tangan, Bahan, serta Alat Masak

Glenda Lewis, seorang ahli tanaman dari Food and Drug Administration Amerika Serikat mengatakan bahwa sayur dan buah segar bisa terkontaminasi selama fase pertumbuhannya. Oleh sebab itu, FDA menyarankan Bunda untuk mencuci tangan selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.

Setelah itu, cuci bersih semua bahan dengan air mengalir sebelum dikupas, sehingga kotoran dan bakteri tidak dipindahkan dari pisau ke buah atau sayuran. Keringkan dengan lap atau handuk kertas untuk mengurangi bakteri yang mungkin ada.

  1. Perhatikan Cara Menyimpan

Bunda, lakukan cara-cara berikut untuk menyimpan sayur dan buah untuk menu MPASI Si Kecil:

  • Bungkus sayuran hijau dengan handuk kertas, lalu masukkan ke dalam plastik. Habiskan sayur dalam 1-2 hari setelah pembelian untuk mendapatkan kandungan nutrisi di dalamnya;
  • Pisahkan jenis sayuran yang berbeda;
  • Potong buah dan bekukan. Simpan dalam wadah kaca tertutup yang dilapisi handuk kertas untuk menjaga kelembapannya;

 

  • Bila sayuran terlihat layu, segarkan kembali dengan meletakkannya di dalam mangkuk besar berisi air es;
  • Beberapa jenis sayuran seperti wortel, selada, dan brokoli mudah rusak. Simpan di dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam kulkas; dan
  • Simpan kentang, bawang, dan tomat di tempat sejuk dan kering, tapi bukan di kulkas. Suhu dingin akan merusak cita rasanya.
  1. Lengkapi Nutrisi dari Sayur dan Buah dengan MPASI Terfortifikasi

Agar kebutuhan gizi Si Kecil terpenuhi, Bunda juga dapat mengombinasikan sayur dan buah yang dibuat sebagai menu MPASI homemade Si Kecil dengan CERELAC Risenutri. CERELAC Risenutri merupakan bubur polos pasangan MPASI homemade Bunda yang tinggi Zat Besi, serta diperkaya 10 Vitamin, 6 Mineral, Omega 3, dan Omega 6. CERELAC Risenutri juga bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lain bercita rasa gurih maupun manis, sehingga memudahkan Bunda untuk berkreasi membuat menu MPASI Si Kecil. 

 

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo Bunda, pastikan kebersihan dan cara menyimpan bahan makanan untuk menu MPASI Si Kecil dilakukan dengan cara yang tepat. Selamat berkreasi membuat menu MPASI!