Menu MPASI Rumahan Menu MPASI Rumahan

Kenali Trik Menyiapkan Menu MPASI Rumahan yang Praktis!

02 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Kesibukan sebagai ibu rumah tangga maupun pekerja, dibarengi dengan tanggung jawab memberikan nutrisi sesuai kebutuhan Si Kecil pada masa MPASI ini tentu merupakan tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, yuk, pahami trik cara membuat menu MPASI rumahan bagi Bunda yang memiliki banyak kesibukan.

Tips Membuat MPASI Rumahan

Ikuti cara-cara berikut ini bila Bunda ingin mencoba untuk membuat menu MPASI yang mudah disajikan di rumah!

  • Rencanakan Menu MPASI untuk 1-2 Minggu 

Bunda dapat membuat jadwal menu MPASI bulanan atau setidaknya mingguan untuk Si Kecil agar dapat menghitung asupan gizi yang masuk ke tubuhnya. Dengan begitu, Bunda tidak bingung hari ini akan menyiapkan menu MPASI apa. Jangan lupa juga untuk menyusun menu MPASI yang bervariasi, ya! Pastikan juga menu MPASI yang Bunda sajikan mengandung Karbohidrat, Protein, Zat Besi, dan nutrisi penting lainnya untuk memenuhi gizi harian Si Kecil.

  • Samakan Bahan Makanan dengan Menu Keluarga 

Agar tidak repot, Bunda juga bisa menyamakan bahan makanan untuk menu keluarga dengan bahan MPASI Si Kecil. Misalnya, jika Bunda memiliki tahu, daging, bayam, atau sayuran segar lainnya, Bunda bisa membuat orak-arik untuk menu keluarga. Sementara, bahan yang sama juga aman untuk Si Kecil. Bunda cukup menyesuaikan tekstur makanan sesuai tahapan MPASI Si Kecil. Jadi, Bunda pun bisa menghemat waktu dan tenaga untuk memasak menu MPASI.

  • Simpan Bahan Makanan yang Sudah Dicuci-Potong di Kulkas

Cara lainnya untuk menghemat waktu Bunda dalam membuat menu MPASI rumahan adalah menyiapkan bahan makanan yang siap dimasak di kulkas. Luangkan waktu di akhir pekan untuk mencuci-potong bahan makanan yang sudah dibeli. Bunda dapat menyimpannya di dalam wadah berlabel BPA free yang aman untuk menyimpan makanan. Tips lainnya, Bunda perlu menyimpan bahan makanan berdasarkan jenisnya. Sebaiknya bahan makanan tidak disimpan dalam keadaan bercampur ya, Bunda, supaya tidak mudah rusak ataupun busuk. 

  • Siapkan Bubur Dasar 

Selain menyiapkan lauk-pauk, Bunda juga perlu menyiapkan bubur dasar untuk menu MPASI Si Kecil dengan tekstur yang pas. Cara membuat bubur MPASI praktis yang bisa Bunda lakukan adalah menyiapkan CERELAC Risenutri. Campurkan kreasi resep Bunda dengan CERELAC Risenutri untuk membuat MPASI rumahan yang bergizi. Nestlé CERELAC Risenutri merupakan bubur polos dengan tekstur pas dan rasa yang netral sehingga Bunda bisa mengombinasikannya dengan topping gurih maupun manis. Bila Si Kecil suka makanan bercita rasa manis, Bunda bisa mengombinasikan CERELAC Risenutri dengan buah-buahan. Bila Si Kecil penyuka makanan gurih, Bunda bisa mengombinasikannya dengan daging dan sayuran. Selain itu CERELAC Risenutri juga tinggi Zat Besi dan dilengkapi 10 Vitamin, 6 Mineral, Omega 3, dan Omega 6 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil.

Itulah tips seputar cara membuat menu MPASI rumahan yang mudah dan praktis. Jangan lupa untuk selalu menyediakan CERELAC Risenutri di rumah agar tugas Bunda memenuhi asupan nutrisi untuk Si Kecil lebih ringan. Apapun resep MPASI rumahannya, CERELAC Risenutri pasangannya!