Menu Pengganti Nasi untuk Asupan Karbohidrat Si Kecil Menu Pengganti Nasi untuk Asupan Karbohidrat Si Kecil

Alternatif Karbohidrat Selain Nasi untuk Si Kecil

22 February 2021
facebook icon whatsapp icon

Salah satu cara menambah berat badan anak dan meminimalkan kemungkinan GTM (gerakan tutup mulut) adalah memberikan jenis asupan yang bervariasi, termasuk asupan Karbohidrat. Bagaimanapun juga, Karbohidrat merupakan salah satu asupan wajib yang memegang peranan penting dalam proses tumbuh kembang Si Kecil sehingga berat badan ideal anak tercapai.

Pentingnya Karbohidrat untuk Pertumbuhan Si Kecil

Karbohidrat merupakan asupan untuk mendukung perkembangan otak juga pertumbuhan otot Si Kecil sehingga berat badan ideal anak terpenuhi. Selain itu, sebagai sumber energi bagi tubuh, karbohidrat  sangat dibutuhkan oleh anak. Oleh sebab itu, asupan karbohidrat harus dipenuhi. Sayangnya, Si Kecil bisa saja menolak makan nasi. Bunda tak perlu bersedih bila Si Kecil enggan makan nasi. Bunda dapat memberi asupan karbohidrat lain agar kebutuhan nutrisi hariannya tetap terpenuhi.

Menu Lain Pengganti Nasi

Beberapa makanan yang dapat dijadikan pengganti nasi supaya berat badan anak tetap tercapai adalah sebagai berikut:

  • Perkedel Kentang

Bila Si Kecil telah mengonsumsi makanan padat, perkedel kentang bisa Bunda sajikan untuk mencapai berat badan ideal anak. Bunda bisa menyiapkan CERELAC Risenutri sebagai bubur polosnya, lalu menambahkan perkedel kentang dan potongan sayuran untuk menambah asupan vitamin Si Kecil. 

  • Mashed Potato

Bila perkedel dirasa terlalu padat, Si Kecil dapat diberikan mashed potato, yaitu kentang yang direbus dan dihaluskan. Bunda dapat mengombinasikan CERELAC Risenutri dengan mashed potato, lalu menambahkan keju parut untuk menambah cita rasa. 

  • Labu Tumbuk

Dilansir dari BBC Good Food, labu memiliki kandungan Karbohidrat yang dibutuhkan Si Kecil. Bentuk penyajiannya bisa beragam, mulai dari puree hingga labu tumbuk. Bunda juga bisa berkreasi membuat menu panekuk labu atau kue labu kukus. Nah, kalau mau menyajikan labu tumbuk sebagai menu MPASI, Bunda bisa mengombinasikannya dengan CERELAC Risenutri, lalu tambahkan potongan sayur, serta telur atau ayam sebagai sumber Protein.

Itulah beberapa alternatif pengganti nasi yang bisa Bunda pilih sebagai cara menambah berat badan anak agar sesuai dengan grafik pertumbuhannya. Supaya kebutuhan nutrisi hariannya tetap terpenuhi sehingga berat badan ideal anak dapat tercapai, Bunda bisa mengombinasikan sumber Karbohidrat tersebut dengan CERELAC Risenutri.

CERELAC Risenutri merupakan merupakan bubur polos pasangan MPASI homemade Bunda untuk mencukupi kebutuhan Zat Besi Si Kecil. Nestle CERELAC Risenutri juga diperkaya 10 Vitamin dan 6 Mineral untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya, sehingga membantu menjaga berat badan anak tetap seimbang sesuai usianya. Semoga Si Kecil suka ya, Bunda!